Thursday, May 12, 2016

Sinopsis Buku, “IMM UNTUK KEMANUSIAAN" Dari Nalar ke Aksi”


LP_IMM_BONE- Satu hal yang menjadi dasar dan prinsip fundamental dari visi, cita-cita dan orientasi perjuangan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) adalah persoalan kemanusiaan.

Secara historis, teologis, filosofis, dan organisatoris, IMM hadir, bergerak dan berjuang semata-mata dalam kerangka membela dan mengangkat harkat dan martabat kemanusiaan.

Buku ini menyuguhkan sudut pandang yang holistik bagaimana seharusnya kader IMM dan juga pemuda muslim Indonesia, bernalar dan beraksi di tengah arus perubahan sosial yang terus berubah begitu cepatnya.

Buku ini menghadirkan new interpretation terhadap ideologi dan berbagai simbol normatif IMM yang selama ini belum banyak dimaknai secara baik.

Dengan menggunakan sudut pandang yang utuh, integratif dan komprehensif, gagasan-gagasan besar dalam buku ini menguatkan bahwa dengan ideologi yang dimilikinya, IMM merupakan kekuatan besar civil society di Indonesia yang terus bernalar dan beraksi untuk kemanusiaan.

Buku “IMM UNTUK KEMANUSIAAN; Dari Nalar ke Aksi” ini telah mendapat apresiasi dari berbagai tokoh. Berikut beberapa Endorsement dari para tokoh:

“Buku karya Amirullah ini penting dibaca generasi muda Muslim, isinya sangat relevan dengan persoalan ke-Islaman, ke-Indonesiaan dan kemanusiaan hari ini. Saya menangkap nalar kritis dalam kegelisahan penulisnya, satu hal yang muthlak hidup dan berkembang di lingkungan organisasi intelektual semacam Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM).

Sering saya ingatkan kepada kader-kader muda Muhammadiyah; banyak baca, banyak merenung, dan banyak menulis. Di atas segalanya, hidupkanlah Islam, bangsa dan kemanusiaan, jangan hanya organisasi. Inilah karakter Islam berkemajuan yang memperbanyak kawan selangkah, menebarkan solidaritas persaudaraan, dan kukuh menegakkan keadilan.

Saya menghargai ikhtiar intelektual ananda Amirullah ini. Patut dicontoh. Selamat dan tetaplah produktif menulis!”  
- Prof. Dr. Ahmad Syafi’i Maarif, MA., (Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah & Bapak Bangsa Penerima Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera Utama dari Presiden RI)

“Kumpulan refleksi dalam buku ini memberikan petunjuk bahwa keberadaan IMM semakin hari semakin penting. Penting untuk direnungkan secara terus menerus dan penting untuk secara konsisten memberikan kontribusi historisnya bagi masyarakat luas di tengah gemuruh dan kompleksnya persoalan- persoalan kebangsaan kita.

Ekspektasi kepada IMM sebagai kader Persyarikatan dan kader bangsa untuk memainkan peran-peran strategisnya tak bisa ditolak dan dipungkiri dan karena itu harus dibuktikan. Buku ini berusaha menggali berbagai spektrum IMM secara serius dan karena itu penting dicermati.”
- Prof. Dr. Sudarnoto Abdul Hakim (Cendekiawan Muslim & Ketua Dewan Pakar KORNAL Fokal IMM)

“Karya adinda Amir dengan jernih, tulus dan cerdas menjelaskan derita kemanusiaan yang terus menjadi mimpi buruk umat manusia di abad ini. Dengan nalar kemanusiaan yang tulus, buku ini mengobarkan api persaudaraan kemanusiaan.

Penulisnya, mampu melukiskan dengan baik bagaimana kader IMM dan pemuda muslim Indonesia seharusnya bergerak dalam bingkai kemanusiaan. Karena itu, Buku IMM Untuk Kemanusiaan ini tidak hanya wajib dibaca kader IMM, tapi juga sangat relevan dibaca para pemuda muslim.”
- DR. Maneger Nasution, MA., (Ketua DPP IMM 1995-1997, Ketua Umum DPD IMM Sumbar 1993-1995, Komisioner Komnas HAM RI)

“Membaca karya IMMawan Amir “IMM UNTUK KEMANUSIAAN” ini, terasa sama dengan membaca tulisan-tulisan Dr. Ali Syariati. Kritis, tajam, mencerahkan dan menggerakkan. Bagi saya, buku ini tidak hanya memberikan pendekatan yang holistik tentang nalar kemanusiaan IMM, tetapi juga bisa membangkitkan tekad kader IMM sebagai kekuatan civil society yang terus bergerak untuk kemanusiaan, bahkan bagi penulisnya, IMM hadir dan lahir untuk kemanusiaan. oleh karena itu, Saya menyarankan buku ini harus menjadi bacaan wajib kader IMM di seluruh Indonesia.”
- Abdul Rahman (Sekretaris Jenderal DPP IMM)

“Buku ini reflektif, memberi khasanah baru bagi khalayak pembaca, utamanya kader IMM. Karena kejeliannya menawarkan ide dan gagasan sehingga layak di baca (iqra). Teruslah menulis. Selamat membaca.”
- Rusdianto (Direktur Eksekutif Global Base Review)

Penulis: Amirullah
Penerbit: Mediatama Indonesia
Terbit: Mei 2016
Jumlah Halaman: 281
ISBN: 978-602-70479-2-1
Sampul: Soft Cover

Publish:jumardi

No comments:

Post a Comment