Saturday, March 4, 2017

Inilah Manfaat Mandi dengan Menggunakan Air Dingin



      Bagi kebanyakan orang mandi dipagi hari adalah sesuatu yang sulit untuk dilakukan dengan alasan air pada waktu pagi sangatlah dingin. Namun tahukah anda bahwa ternyata mandi dengan menggunakan air dingin dapat memberikan banyak faedah terhadap tubuh? Yup, seperti yang writer lansir dari www.pramita.co.id mandi dengan menggunakan air dingin dipagi hari selain rasanya dapat mengakibatkan serangan jantung ternyata dibalik perasaan yang kadang kala menyiksa itu memberikan manfaat yang tidak tanggung-tanggung. Berikut ini manfaat mandi dengan menggunakan air dingin:

1. Meningkatkan sirkulasi darah dan membantu proses detosifikasi.
Ketika kulit bertemu dengan air dingin , pembuluh darah di bawah permukaan kulit akan mengkerut. Hal ini menyebabkan darah bersikulasi dengan dorongan lebih besar yang akan berpengaruh pada menguatnya aliran darah dalam meningkatkan sirkulasi. Singkat kata bagi teman-teman yang katanya MAGER dipagi hari nah itu berarti ada indikasi belum mandi pagi. Selain dari meningkatkan sirkulasi darah, air dingin juga membantu proses detoksifikasi tubuh, itutuh istilah medis dimana tubuh mengeluarkan racun dari dalam.

2. Meningkatkan metabolisme
Alasan mengapa kita akan merasa fresh setelah mandi air dingin sangat sederhana, mekanisme ini hampir sama dengan saat seseorang merasa kedinginan, biasanya mereka akan mengenakan selimut atau jaket untuk menghangatkan tubuh. Saat tubuh Anda disiram air dingin, tubuh akan berusaha menstabilkan suhu dengan menghasilkan panas, yang membuat metabolisme tubuh meningkat dengan cepat. Metabolisme yang meningkat ini akan membakar karbohidrat serta lemak sehingga anda akan merasa hangat.

3. Bermanfaat bagi kekebalan tubuh
Mandi air dingin akan meningkatkan metabolisme , meningkatkan panas tubuh dan menghidupkan kembali sistem kekebalan tubuh dengan melepaskan sel darah putih. Sebagaimana kita ketahui, sel darah putih merupakan "pasukan" yang menjaga benteng tubuh dari serbuan penyakit. Nah jelaslah kalau penyebab penyakit bukanlah dikarenakan cuaca tapi lebih kepada kebersihan anggota tubuh.

4. Melindungi dari Cedera
Saat atlit dilapangan mengalami cedera otot maka hal pertama yang dilakukan paramedis adalah memberikan pertolongan pertama dengan menerikan es/air dingin, kebayang tidak jika paramedis memberikankomres air hangat? Itu dikarenakan pada saat seseorang melakukan aktivitas fisik, otot-otot akan meradang dan akan membutuhkan waktu untuk rileks kembali. Untuk meningkatkan kekuatan dan massa otot, serat pada otot Anda akan membesar dan mengerut. Aktivitas fisik yang berlebihan dapat menyebabkan serat otot pecah. Sebagai pencegahan sangat dianjurkan untuk mandi dengan air dingin.

5. Membuat tidur menjadi lebih nyenyak
Mandi air dingin disoreh hari setelah seharian melakukan aktivitas berat adalah hal yang recomended, pasalnya selain merangsang pembakaran lemak tubuh, mandi air dingin juga bisa merangsang otak mengeluarkan noradrenalin, yang bisa meminimalkan depresi. Air dingin ini dapat memperdalam pernapasan Anda dan membantu melawan kelelahan. Bahkan jika Anda mengalami masalah tidur, mandi air dingin niscaya bisa memembuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Writer    :  Fikar Exact

No comments:

Post a Comment